Inilah Perbedaan Visa dan Paspor - Dofollowarticledirectory.com Berita Unik

Kamis, 13 Februari 2020

Inilah Perbedaan Visa dan Paspor



Perbedaan Visa dan Paspor - Banyak yang masih salah mengartikan antara Visa dan Paspor. Dua surat penting yang digunakan untuk bepergian ini memang sering membuat bingung orang. Untuk Anda yang sudah sering bepergian ke luar negeri, mungkin bukan barang yang asing lagi dan sudah tidak bingung lagi jika di suruh membedakan. Tetapi bagi orang awam, atau Anda yang belum pernah bepergian ke luar negeri, tentu Anda mungkin masih bingung dan bertanya-tanya : Apa perbedaan dari paspor dan visa ?. Hal ini dapat di maklumi, karena dilihat dari jumlah penduduk Indonesia  yang berjumlah lebih dari 250 juta orang dan penduduk paling di dunia nomer 4, berapa yang mempunyai Paspor ?. Menurut kebutuhan di masyarakat, membuat paspor bukanlah kebutuhan utama yang harus dimiliki sebagai warga negara. Karena sudah ada KTP sebagai kartu identitas yang paling penting. Hanya ketika masyarakat mau ke luar negeri saja baru memikirkan untuk membuat paspor. Dengan alasan itu nampaknya masuk akal jika banyak sekali masyarakat awam yang sulit membedakan antara keduanya. Berikut ini merupakan perbedaan antara Visa dan Paspor :

Visa
Visa adalah sebuah dokumen izin masuk seseorang ke suatu negara yang bisa diperoleh dari kedutaan dimana negara tersebut mempunyai Konsultan Jenderal atau Kedutaan Besar. Visa merupakan tanda bukti kunjungan yang diberikan kepada warga suatu negara jika memasuki wilayah negara lain yang memiliki syarat untuk izin masuk. Di visa juga berisi data diri, tanggal kedatangan dan kepulangan, serta tujuan untuk memastikan keamanan negara yang akan dikunjungi si pemilik visa. Sebab tanpa visa, penyelundup ilegal bisa bebas keluar-masuk sebuah negara. Bagi penggunanya, visa diartikan sebagai ukuran apakah ia layak untuk datang ke suatu negara.
Paspor
Paspor merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh instansi yang berwenang dari suatu negara, dalam hal ini kantor imigrasi atau pejabat pada perwakilan Indonesia di luar negeri, yang berisi identitas pemiliknya dan berlaku untuk melakukan perjalanan secara resmi antar negara.



Perbedaan Visa dan Paspor adalah sebagai berikut :

  • Institusi yang berwenang mengeluarkan


  • Paspor merupakan dokumen yang dikeluarkan oleh institusi resmi negara sebagai tanda indentitas warga negara yang akan atau sedang berada di negara lain. Paspor di Indonesia dikeluarkan oleh kantor imigrasi.
  • Visa merupakan sebuah tanda izin masuk suatu negara. Visa dikeluarkan oleh kedutaan besar yang akan Anda kunjungi. Apabila seseorang memasuki negara tanpa visa bisa dideportasi atau dikeluarkan karena dianggap illegal dan mendapatkan sanksi berat.

 
  • Kegunaan Visa dan Paspor


  • Paspor berguna sebagai tanda sah kepemilikan kewarganegaraan. Paspor bisa dimiliki semua penduduk.
  • Visa berguna sebagai ukuran suatu negara bahwa negara yang akan dikunjungi dapat menerima kita. Setiap penduduk suatu negara belum tentu memiliki visa. Karena suatu negara mempunyai hak untuk menolak permohonan.


  • Jenis Visa dan Paspor

Paspor memiliki masa berlaku selama 5 tahun saja dan dapat dicabut kepemilikannya tanpa pemberitahuan. Di Indonesia ada 3 jenis paspor yang berlaku, yaitu:
  • Paspor biasa (paspor hijau) digunakan oleh masyarakat sipil untuk mengunjungi suatu negara.
  • Paspor dinas (paspor biru) paspor ini biasanya digunakan oleh pejabat atau konsultan pemerintah yang akan melakukan perjalanan dinas ke luar negeri.
  • Paspor diplomatik, paspor ini dipergunakan untuk perjalanan diplomatik.
Jenis visa tergantung maksud dan tujuan kedatangan ke suatu negara yang akan dikunjungi, berikut diantaranya:
  • Short-stay visa digunakan oleh para turis dan hanya berlaku jangka pendek selama 15-30 hari dibuktikan dengan tiket pesawat pergi-pulang yang sudah Anda pesan.
  • Student visa biasa digunakan oleh para pelajar asing dan masa berlakunya sampai masa studi berakhir
  • Temporary-worker visa biasa digunakan para pekerja asing yang telah mematuhi syarat untuk kembali negara asalnya usai masa kerja berakhir.
Itu tadi adalah perbedaan antara Visa dan Paspor. Bagaimana sudahkah anda paham perbedaannya?

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda